Membaca Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

speedometer_beat_injeksiTaukah anda bahwa lampu indikator pada motor injeksi mempunyai arti tergantung berapa jumlah kedipan,Kedipan lampu sinyal bisa di artikan ada gejala kerusakan di motor kita,indikasi ini bisa berupa sebuah peringatan atau memang sudah ada sensor-sensor atau sparepart yang sudah rusak.Berikut ini ada beberapa cara untuk membaca  tanda sinyal untuk memberikan informasi mengenai arti dari kedipan lampu pada motor injeksi kita

Cara Membaca Arti Kedipan dari Lampu Indikator Motor Honda Injeksi

  1. Kedipan panjang bernilai 10 (sepuluh)
  2. Kedipan pendek bernilai 1 (satu)
  • jika ditemukan kedipan pendek sebanyak 7 kali maka nilai MIL nya adalah tujuh (7)
  • jika ditemukan kedipan panjang 1 kali + 2 kali kedipan pendek maka nilai MIL nya adalah duabelas (12) didapat dari 2+10 jadi 12
  • Error sistem antara satu dengan berikutnya ada jeda kurang lebih 3-5 detik.

Berikut beberapa indikator error pada indikator speedometer motor honda sistem injeksi yang ditangkap oleh MIL (Malfunction Indikator Light) diantaranya :
Kedipan   1 = Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)
Kedipan   7 = Sensor EOT/ECT (Engine Oil /Coolant Temperature)
Kedipan   8 = Sensor TP (Throttle Position)
Kedipan   9 = Sensor IAT (Intake Air Temperature)
Kedipan 12 = Sensor Injektor
Kedipan 21 = Sensor O2 – Oxigen sensor
Kedipan 29 = Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)
Kedipan 33 = ECM (Engine Control Module)
Kedipan 54 = Sensor BAS (Bank Angle Sensor)

Cara Membaca Arti Kedipan dari Lampu Indikator Motor Yamaha Injeksi:

  1. Kedipan panjang bernilai 10 (sepuluh)
  2. Kedipan pendek bernilai 1 (satu)
Nilai Jenis Kerusakan

Kedipan Panjang

Kedipan Pendek

12 Crankshaft position sensor

1 kali

2 kali

13 Intake air pressure sensor

1 kali

3 kali

14 Saluran intake air pressure sensor

1 kali

4 kali

16 Throttle position sensor macet

1 kali

6 kali

21 Coolant temperature sensor

2 kali

1 kali

22 Intake air temperature sensor

2 kali

2 kali

30 Sepeda motor terjatuh

3 kali

0 kali

33 Primary ignition coil

3 kali

3 kali

39 System kelistrikan fuel injector

3 kali

9 kali

41 Lean angel sensor

4 kali

1 kali

44 Proses pembacaan atau penulisan pada EPROM

4 kali

4 kali

46 Aliran listrik ke system FI tidak normal

4 kali

6 kali

50 Kerusakan pada memori ECU

5 kali

0 kali

Source:aripitstop.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s