Modifikasi Mobil ini Butuh 5 Hari Saja

DusterRio-duster-2014-bodi1Seharusnya Memodifikasi mobil membutuhkan waktu cukup lama. Paling tidak Beberapa Bulan. Anda Percaya Kalau tampilan Renault Duster dan All New KIA Rio dikerjakannya tidak lebih dari lima hari  saja.Pengerjaannya hanya 3 hari nonstop melalui ajang Live Modz Show Off 2014 yang digelar  Dyandra Tarsus International sebagai event organizer. Mereka menggandeng beberapa modifikator. Sebagai penghargaan adalah MURI  yang memberikan penghargaan sebagai modifikasi tercepat di Indonesia dalam waktu 3 x 24 jam.

DusterRio-Modif-2014-lead
Renault Duster
Untuk Masalah  eksterior  ide dari Andre Mulyadi, punggawa Signal Kustom Bandung. Body kit dibuat dari nol. Proses awal menggunakan polyurethane foam, agar mudah dan cepat mendapatkan model yang diinginkan. Proses kedua adalah pembuatan body kit dari bahan fiberglass. Tinggal mencetak dari expanding foam yang sudah dibentuk.“Enaknya pakai foam, kalau kurang presisi atau salah dalam proses pembentukan, dapat dengan mudah diulang. Tinggal menambahkan foam lagi di bagian yang salah,” sebut modifikator yang sering memproduksi kendaraan ekstrem ini.
Pengecatan dengan metode airbrush menjadi tanggung jawab Tomi Gunawan, pemilik Tomi Airbrush di bilangan Kepa Duri, Jakbar. “Konsepnya simple, Go Green sesuai dengan Duster,” terang airbrusher berpenampilan dandy ini.Teknik pengerjaan airbrush dilakukan dengan metode free hand dan masking. Pengerjaannya dituntut sempurna. “Kalau salah sedikit, saja harus mengulang dan sangat buang waktu,” ujar airbrusher yang mengawali karir dari mengecat roda dua ini.DusterRio-duster-2014-bodi1
Interior juga menjadi salah satu fokus ubahan. Tema yang dipilih adalah simple sporty, yang membuat tampilan interior menjadi eye cathing. Pengerjaan pun tidak sembarangan asal jadi. Dikerjakan oleh tenaga ahli dari Vertue Corporation, dengan menggunakan bahan kulit asli Wollsdorf dan digabung dengan Nappa Edelweiss Stigma yang merupakan kulit sintetik.“Walaupun dikejar deadline yang hanya hitungan jam, namun kualitas tidak boleh diabaikan. Jahitan tidak boleh ada yang miring,” bilang Edy, salah satu pemilik Vertue.
dusterRio-duster-2014-bodi interior
All New Kia Rio
Tetap mengusung totalitas modifikasi pada Rio terbaru. Body kit dibuat dengan model sedikit agresif. Mengisyaratkan kendaraan performa tinggi. Proses pembuatan tentunya menggunakan metode yang sama.“Desain bodi asli All New Rio sudah sporty. Tinggal mendesain ulang bumper depan dan belakang, serta side skirt,” ucap Andre yang memboyong seluruh personel Signal Kustom ke Jakarta demi event ini.Bicara soal pengecatan airbrush, karena hampir bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Kendaraan ini lebih mengandung unsur nasional. Bisa dilihat dari grafis batik Mega Mendung yang dilakukan dengan teknik free hand. Kap mesin pun tidak luput dari kreatifitas Jaz Wong, airbrusher kondang asal Malaysia. Lagi-lagi, terdapat nuansa batik yang jelas menunjukan hasil karya Indonesia.
dusterRio-rio-2014-bodi
Sektor kabin juga digarap oleh Vertue Corporation. Namun kali ini dengan tema sporty elegant. Warna yang dipilih pun warna khusus yang hanya terdapat pada varian high class yaitu Cognac.
Konsep cutting seat cover-nya diambil dari kendaraan ternama dengan model square cutting. Tujuannya untuk membuat tampilan kabin menjadi lebih mewah. Soal bahan tetap menggunakan perpaduan kulit asli Wollsdorf dan Nappa Edelweiss Stigma.
dusterRio-rio-2014-bodi1Source: otomotifnet.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s