Penjelasan Nikah Siri dalam Islam

PernikahanPernikahan adalah suatu momen yang sakral dimana pria dan wanita bersatu untuk meresmikan hubungan mereka dimata hukum dan agama.namun sekarang ini banyak kita jumpai pasangan yang memilih untuk melakukan nikah siri atau nikah dibawah tangan hal tersebut mungkin dipengaruhi keterbatasan akan hal hukum dan akibat yang akan ditimbulkan.nikah siri adalah nikah secara diam-diam atau dirahasiakan kata siri berasal dari bahasa arab yaitu sir yang artinya dirahasiakan dan bagi beberapa pasangan ada yang melakukan nikah siri takut akan dosa dan zina serta berbagai macam alasan lainnya sebagian masyarakat memahami nikah siri sebagai pernikahan yang tidak dicatat dikantor urusan agama atau KUA atau nikah dibawah tangan
dan keberadaan nikah siri akan dikatakan sah secara agama tetapi tidak sah secara hukum positif atau hukum negara.
Ada juga pemahaman nikah siri adalah nikah tanpa wali pihak calon mempelai wanita. jika nikah siri tanpa wali amak hukumnya tidak sah dimata agama ataupun negara sebagai mana sesuai sabda rosulluloh saw “Tidak syah suatu pernikahan tanpa seorang wali” kemudian “Wanita manapun yang menikah tanpa mendapat izin walinya maka pernikahannya batil atau tidak sah”.
jika nikah tanpa dicatat negara atau KUA diam-diam namun ada wali sah menurut syariat islam selama memenuhi hukum nikah diantaranya ada wali nikah, dua orang saksi serta prosesi ijab qobul. Dalam islam mengajarkan pernikahan harus di umumkan sebagai bukti sudah sah sebagai pasangan suami istri sekaligus menghindari agar tidak terjadi fitnah. Rosulluah SAW mengajarkan umatnya untuk menyebarluaskan pernikahan dengan menyelengarakan walimahan. sesuai sabda nabi “adakan walimah walupun hanya seekor kambing”
Dalam nikah siri juga banyak resikonya seperti dalam kasih sengketa pernikahan, ahli waris karena tidak adanya bukti buku nikah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s